- read

Go-Lang 16 — Closure, Defer, Panic & Recover, Comment.

Artadina Septiani 3

Closure

Closure adalah kemampuan sebuah function untuk berinteraksi dengan data-data di sekitarnya salam scope yang sama. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakan fitur closure ini karena kita harus menggunakan fitur ini dengan bijak saat membuat aplikasi.

Contoh penerapan:

Defer, Panic & Recover

  • Defer

Defer merupakan function yang bisa dijadwalkan untuk dieksekusi setelah sebuah function selesai di eksekusi. Defer akan selalu dieksekusi walaupun terjadi error di function yang dieksekusi.

  • Panic

Panic adalah function yang bisa digunakan untuk menghentikan program. Panic ini biasanya dipanggil saat program sedang berjalan. Saat panic function dipanggil, program akan terhenti, namun defer function akan tetap dieksekusi.

  • Recover

Recover adalah function yang bisa digunakan untuk menangkap data panic. Dengan recover proses panic akan terhenti, sehingga program akan tetap berjalan.

Contoh penerapan:

=> Defer

=> Panic & Recover

Komentar (Comment)

Komentar terbaik pada kode adalah kode itu sendiri. Saat membuat kode kita perlu membuat kode semudah mungkin untuk dibaca. Namun, kadang kita juga butuh untuk menambahkan komentar di kode kita.

Pada bahasa pemrograman terdapat 2 simbol untuk komentar.

=> /** abcde **/ → Digunakan untuk multi line comment atau komentar yang memiliki beberapa baris.

=> //abcde → Digunakan untuk single line comment atau komentar yang hanya satu baris saja.

Contoh penerapan:

Sumber: