- read

Go-Lang [Vol.3 Tipe Data Number]

Regina Adristya 3

Sumber : https://prog.world/classes-in-golang-another-way-to-implement-an-interface/

Haloo para pembaca! pada volume ini kita akan mempelajari tentang tipe data Number.

Terdapat dua tipe data Number, yaitu Integer dan Floating Point. Untuk penjelasan detail lebih lengkap pembaca dapat menyimak penjelasan singkat berikut ini :

  • Integer

Integer merupakan tipe data angka biasa yang merupakan bulatan.

Tipe Data Integer (1)

Integer memiliki banyak tipe data karena masing masing memiliki nilai range yang berbeda beda diikuti dengan penggunaan memory. Apabila pembaca ingin menghitung ex.nilai ujian disarankan untuk menggunakan int8, dimana penggunaan Integer disesuaikan dengan kebutuhan.

Penulisan Integer pada Go-Lang dapat disebut sensitif karena diharuskan menulis dengan huruf kecil.

example : int8
Tipe Data Integer (2)

Tipe data Integer uint (Unsigned Interger) merupakan Integer yang tidak memiliki nilai negatif(-) dan memiliki nilai minimum 0. Apabila dilihat nilai yang dimiliki uint sama dengan int, hanya saja nilai minimum dari uint digeser dari negatif sampai ke angka 0.

  • Floating Point

Floating Point merupakan tipe data angka yang terdapat koma (desimal) namun lebih detail lagi dari yang terdapat dalam bahasa C ataupun Java.

Tipe Data Floating Point

Complex number biasanya digunakan dalam penggunaan perhitungan matematika yang kompleks.

Alias

Alias

Alias adalah nama lain untuk tipe data yang sudah ada. Apabila kita menuliskan ‘byte’ akan terbaca otomatis ‘uint8'. Sedangkan jika hanya ‘int’ maka sistem akan membaca otomatis minimal ‘int32’ yang dimana tetap akan menyesuaikan sistem operasinya 32 bit ataupun 64 bit, berlaku juga untuk ‘uint’.

Untuk kode Program Number, kita dapat mempraktekkannya pada syntax seperti berikut:

package mainimport “fmt”func main() { fmt.Println(“Satu = “, 1) fmt.Println(“Dua = “, 2) fmt.Println(“Tiga Koma Lima = “, 3.5)}

Lalu seperti yang kita telah pelajari pada Vol.2 untuk mencetak syntax kita menggetikkan command berikut pada terminal :

go run (nama file).go

Hasil cetak dari syntax diatas akan muncul seperti gambar dibawah ini :

Hasil Output Syntax number.go

Anda telah berhasil melakukan Program Tipe Data, apabila hasil cetak seperti gambar diatas.

Terima kasih sudah membaca ‘Vol.3 Tipe Data Number’ yang sudah saya tulis. Saya harap para pembaca terbantu oleh tulisan saya ini dan mohon maaf apabila masih ada tahapan maupun cara penggunaan kalimat yang salah. Sampai jumpa lagi di volume Go-Lang lainnya!

ps. apabila para pembaca ingin belajar lebih lanjut untuk pemograman Go-Lang, pembaca dapat membaca chapter Go-Lang yang telah saya tulis (tips membaca : mengikuti nomor vol. agar lebih mudah dipahami).

Referensi : https://www.youtube.com/watch?v=eZO2DMQepns&list=PL-CtdCApEFH_t5_dtCQZgWJqWF45WRgZw&index=3