- read

Ingin Maju Terus atau Mundur(?)

Isnisari Karina 2

Haloo, kali ini saya ingin kembali bercerita salah satu pengalaman ‘progres’ dari hidupku, terutama soal karir yaitu menjadi Software Engineer. Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, saat ini saya sedang menjalani program dari eFishery Academy yaitu Aqua Developer yang sudah berjalan selama 3 hari.

Hal yang aku rasakan selama belajar ini berasa sat set sat set gitu, kalian tahu kan maksudnya gimanaa? Jadi tuh, materi pembelajaran setiap harinya itu sangatlah padat tetapi langsung kepada poin-poin penting apa saja yang perlu disiapkan agar bisa menjadi Software Engineer yang dibutuhkan di lapangan pekerjaan nanti, seperti paradigma dalam pemrograman, OOP (Object Oriented Programming), API, konsep dan implementasinya. Dan Bahasa pemrograman yang dipelajari itu C# dan Golang.

Untuk setiap materi pembelajarannya itu pertama kali saya dapatkan, mengingat saya bukan berasal dari jurusan dibidang IT. Tentu hal ini menambah ilmu serta pengalaman yang baru, sekaligus pusing juga @[email protected] kenapaaa? Karena saya masih dalam tahap proses belajar menerima ilmu baru serta berusaha untuk memahaminya dalam waktu yang cepat.

Wajar sih, namanya juga proses belajar pasti memgalami banyak kesusahan. Mengingat lagi, saya sudah terbiasa berada di zona nyaman (lebih tepatnya selama pandemi) seperti kuliah online yang tidak mengharuskan melakukan mobilisasi tempat (Bandung macetnya astaghfirullah) dan belajar hanya materi-materi perkuliahan saja. dan kondisi sekarang secara sadar memaksakan diri untuk keluar dari zona nyaman tersebut, jujur secara fisik dan pikiran capeek bangeeet ☹

Sebagai kaum Gen Z *wuidihh ini jadi bahan overthinking, apakah saya memang cocok untuk dibidang ini yaa? Atau ini hanya permulaan saja sekaligus adatapsi ke lingkungan yang baru(?) setelah berpikir pertimbangannya, pilihan saya yaitu tetap semangat maju untuk belajar menjadi Software Engineer, setidaknya saya harus bersikap konsisten dan professional dengan pilihan saya saat ini.

Untungnya, para mentor dan teman-teman di program ini orangnya baik banget untuk menjawab dan membantu kesusahan dan kebingungan saya terkait materi hingga praktiknya bagaimana. Sampai-sampai saya jadi segan tidak enak sendiri karena banyak tanya terutama pada bagian hal yang receh ☹ tetapi mereka memahami serta memberi semangat agar terus belajar. Doakan saya bisa mengikuti semua pembelajarannya dengan baik yaa, semoga nanti kita bisa menjadi tim atau tetap berkoneksi satu sama lainnya dengan baik. Aamiin..

Cukup sekian cerita ‘progres’ dari saya, kalau nanti ada kesempatan lagi atau dari para pembaca terutama yang bukan berasal dari bidang IT tetapi ingin terjun ke dunia IT, jika masih ada pertanyaan maupun kebingungan, bisa langsung tulis di kolom komentar atau catch up social media saya bernama Isnisari Karina 😊

*fyi, mohon maaf bila pesan dari kalian mungkin saya terlambat untuk membalasnya, karena saya pribadi kalau ada waktu luang suka me time atau main bersama teman-teman daripada check social media. Tapi tenang pesan kalian pasti terbalas kok. Terima kasih! 😊

eFishery Academy
Aqua-Developer
#TumbuhBersama
#SahabatPembudidaya