- read

Udah Mulai Pusing, Gan! 😡

Dani Munif 2

Rekap hari kedua dan ketiga dari eFishery Academy-Aqua Developer, kenapa digabung? Coba judulnya dibaca lagi, huft.

logo golang
ini basa-basi aja si biar ada gambarnya wakakakkak

Golang sipaku golang

Yak, sebelum ada yang komen, β€œlah kok sipaku?!” jadi gais lirik asli lagunya tuh sipaku bukan sepatu kaya yang kita dari kecil udah nyanyiin, tenang kok aku taunya juga pas lagi nulis ini wkwkkw. Oke, balik ke inti pembahasan, Golang.

Jadi, di hari kedua kita udah mulai dikenalin ke Golang oleh kak Puja, tapi kita lebih ke self-learn dari website https://gobyexample.com/ disana dibagi kedalam banyak sub-bab dari setiap konsep maupun syntax golang.

Tapi, alhamdulillah karena aku udah nyolong start duluan beberapa hari sebelum akademi dimulai, aku udah belajar dasar golang sampai inisialisasi variabel dan macamnya tipe data di golang.

Menyelam sambil minum air

Mungkin peribahasa ini yang tepat menggambarkan tugas yang diberikan kak Puja pada hari ke-2 ini (spoiler, sampai hari ke-3 tugasnya ya tetap ini saking besar tugasnya, wkwkkw). Tugasnya simpel, cuman disuruh nonton video playlist yang dimana isinya kak Puja jelasin tentang C# β€” ya, di akademi ketemu kak Puja, pulang masi nonton kak Puja, becandaa kak Pujaaa if you read this, i love you xoxo.

Lalu apa yang bikin unik dari tugasnya sampai hari ke-3 masih lanjut tugas yang sama? Jadi gais, kita diharuskan praktekin demo koding di video playlistnya itu yang mana itu pakai bahasa C#, lalu masih dengan demo yang sama kita diharuskan buat juga yang versi golang.

Tujuannya bagus, kata kak Puja, β€œkita gak tau nantinya bakalan pakai C# atau golang untuk bahasanya, jadi persiapan aja dari sekarang”. Alhamdulillah, senang sekali dapat mentor yang visioner begini β€” kode minta traktir kopi, kak πŸ˜‰.

Seru tapi bikin alis naik turun

Nah, di hari ketiga ada sesuatu yang mengejutkan, kak Puja tidak hadir?!?! Mencengangkan!!! Gantinya ada kak Iwa yang ngajarin kita soal simple API development in Go.

Jujur, ini aku suka banget, karena ini bikin aku mikir β€œwew, kok backend gampang sih!” β€” astaghfirullah, ampuni hamba ya Allah, gaboleh meremehkan ini, belum aja ketemu middleware dan logic yang lainnya makanya masih full senyum wkkwkw.

Dan di hari ketiga ini aku dapat banyak insight dari kak Iwa, seperti kisahnya dari yang dulunya pegawai Indomaret sampai sekarang jadi Engineer Lead di Radya Labs. Such an inspiration!

Selain itu, aku juga dapat pengetahuan tentang API testing yang biasanya aku lakukan di Postman atau di Swagger. Ternyata bisa pakai extension di vscode ya sesimpel membalikkan telapak tangan β€” enggak jugaaaa, tangan siapa dulu, kalau membalikkan tangan gajah susah yeeee.

Ya, itulah kiranya yang aku bisa bagikan. Semoga menghibur, menginspirasi dan meng-meng yang lainnya. Sampai bertemu di tulisan lainnya, ciao!